Berisi tentang informasi kesehatan, kesehatan alternatif, darah, jantung, kulit, mata, pencernaan, ginjal, manfaat buah, sayuran yang berguna bagi kehidupan masyarakat

Penyakit Diabetes Insipidus

Diabetes insipidus

Diabetes insipidus (DI) adalah penyakit langka yang menyebabkan sering buang air kecil. Volume besar urin diencerkan, sebagian besar air. Untuk mengganti air yang hilang dalam tubuh, orang dengan penyakit Diabetes Insipidus mungkin akan merasa perlu untuk minum dalam jumlah besar dan kemungkinan akan sering buang air kecil, bahkan di malam hari yang dapat mengganggu tidur dan mungkin juga akan menyebabkan mengompol. Karena ekskresi volume normal sebaigian besar urin encer, maka orang dengan cepat dapat menjadi DI dehidrasi jika mereka tidak minum cukup air. Anak-anak dengan DI mungkin mudah marah atau lesu dan mungkin mengalami demam, muntah, atau diare. Bentuk lebih ringan dari DI dapat dikelola dengan minum cukup air, biasanya antara 2 dan 2,5 liter sehari.


Apa perbedaan antara diabetes insipidus dan diabetes mellitus?

Dalam nama diabetes insipidus (DI) tidak harus bingung dengan diabetes mellitus (DM), yang hasil dari defisiensi insulin atau resistensi menyebabkan glukosa darah tinggi, juga disebut gula darah. Diabetes Insipidus dan Diabetes Mellitus tidak berhubungan, meskipun mereka dapat memiliki tanda-tanda dan gejala yang sama, seperti rasa haus yang berlebihan dan buang air kecil yang berlebihan. DM jauh lebih umum daripada DI jarang terjadi sperti ini. DM memiliki dua bentuk utama, diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2 . DI adalah bentuk yang berbeda dari penyakit yang lain.



Bagaimana cairan dalam tubuh biasanya diatur?

Tubuh memiliki sistem yang kompleks untuk menyeimbangkan volume dan komposisi cairan tubuh. Ginjal mengeluarkan cairan tubuh ekstra dari aliran darah. Cairan ini disimpan dalam kandung kemih sebagai urin. Jika sistem regulasi cairan bekerja dengan baik, ginjal membuat urin berkurang untuk menghemat cairan ketika asupan air menurun atau air hilang, misalnya, melalui keringat atau diare. Ginjal juga membuat urin kurang pada malam hari ketika proses metabolisme tubuh yang lambat karena aktifitas tidur.

Untuk menjaga volume dan komposisi cairan tubuh agar tetap seimbang, tingkat asupan cairan diatur oleh rasa haus, dan tingkat ekskresi diatur oleh produksi antidiuretik hormon (ADH), juga disebut vasopressin. Hormon ini dibuat di hipotalamus, sebuah kelenjar kecil yang terletak di otak. ADH disimpan dalam kelenjar hipofisis di dekatnya dan dilepaskan ke dalam aliran darah bila diperlukan. Ketika ADH mencapai ginjal, maka mengarahkan mereka untuk berkonsentrasi urin dengan reabsorbing beberapa air disaring ke aliran darah dan karena itu membuat urin kurang. DI terjadi ketika sistem yang tepat untuk mengatur penanganan cairan pada ginjal  terganggu.

Jenis-jenis Diabetes Insipidus

  • Central DI

Bentuk yang paling umum dari DI serius, central DI yaitu hasil dari kerusakan pada kelenjar pituitari, yang mengganggu penyimpanan normal dan pelepasan ADH. Kerusakan kelenjar pituitari dapat disebabkan oleh penyakit yang berbeda serta oleh cedera kepala, bedah saraf, atau gangguan genetik. Untuk mengobati kekurangan ADH yang dihasilkan dari setiap jenis kerusakan hipotalamus atau hipofisis, hormon sintetis yang disebut desmopressin dapat diambil oleh suntikan, nasal spray, atau pil. Sementara mengambil desmopressin, seseorang harus minum cairan hanya bila haus dan tidak pada waktu lain. Obat mencegah ekskresi air, dan air dapat membangun sekarang bahwa ginjal membuat urin kurang dan kurang responsif terhadap perubahan dalam cairan tubuh.


  • Nephrogenic DI

Nephrogenic DI terjadi ketika ginjal tidak mampu merespon ADH. Kemampuan ginjal untuk merespon ADH dapat dirugikan oleh obat seperti lithium, misalnya oleh gangguan kronis termasuk penyakit ginjal polikistik, penyakit sel sabit, gagal ginjal, penyumbatan parsial ureter, dan kelainan genetic yang diwariskan. Kadang-kadang penyebab nephrogenic DI tidak pernah ditemukan.
Desmopressin tidak akan bekerja untuk bentuk DI. Sebaliknya, orang dengan nephrogenic DI dapat diberikan hydrochlorothiazide (HCTZ) atau indometasin. HCTZ kadang-kadang dikombinasikan dengan obat lain yang disebut amiloride. Kombinasi HCTZ dan amiloride dijual di bawah nama merek Moduretic. Sekali lagi, dengan kombinasi obat, orang harus minum cairan hanya bila haus dan tidak pada waktu lain.


  • Dipsogenic DI

Dipsogenic DI disebabkan oleh cacat atau kerusakan pada mekanisme rasa haus, yang terletak di hipotalamus. Cacat ini menyebabkan peningkatan abnormal pada kehausan dan asupan cairan yang menekan sekresi ADH dan output urin meningkat. Obat desmopressin atau lainnya tidak boleh digunakan untuk mengobati dipsogenic DI karena mereka dapat menurunkan output urin tetapi tidak haus dan asupan cairan. Ini overload cairan dapat menyebabkan keracunan air, suatu kondisi yang menurunkan konsentrasi natrium dalam darah dan serius dapat merusak otak. Para ilmuwan belum menemukan pengobatan yang efektif untuk dipsogenic DI.


  • Gestational DI

Gestational DI terjadi hanya selama kehamilan dan hasil ketika sebuah enzim yang dibuat oleh plasenta menghancurkan ADH pada ibu. Plasenta adalah sistem pembuluh darah dan jaringan lain yang berkembang dengan janin. Plasenta memungkinkan pertukaran nutrisi dan produk limbah antara ibu dan janin.
Sebagian besar kasus DI kehamilan dapat diobati dengan desmopressin. Dalam kasus yang jarang terjadi, bagaimanapun, kelainan pada mekanisme rasa haus menyebabkan DI kehamilan, dan desmopressin tidak boleh digunakan.
Comments
3 Comments

3 comments

  1. terimakasih, postingannya bermanfaat ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih juga,. semoga juga bermanfaat bagi semua...

      Delete
  2. Asma Maharaja dibagi 2 yaitu Asma Maharaja Penyembuhan dan Asma Maharaja Pesugihan Islami. dengan Mengikuti Program guru Asma Maharaja Anda dapat Menyembuhkan segala macam penyakit Baik Medis maupun Nonmedis. Asma Maharaja adalah Salah satu ilmu Andalan Guru besar Pengobatan Alternatif yang sudah terkenal dalam dunia pengobatan yaitu Ustad Haryono. selain itu Asma Maharaja juga Sangat Ampuh Menyelesaikan Masalah Kerejekian, Hutang dan Tarik Kekayaan (Syarat : Sekecil Apapun harus punya Usaha atau Pekerjaan, Apabila tidak Punya Pekerjaan Insya Allah dalam waktu dekat akan mendapat Pekerjaan) kunjungi www.mbahpartok.com

    ReplyDelete