Berisi tentang informasi kesehatan, kesehatan alternatif, darah, jantung, kulit, mata, pencernaan, ginjal, manfaat buah, sayuran yang berguna bagi kehidupan masyarakat

Manfaat Dan Khasiat Buah Apel

Manfaat Dan Khasiat Buah Apel

Pada tahun 2004, ilmuwan USDA meneliti lebih dari 100 makanan untuk mengukur konsentrasi antioksidan ukuran per porsi. Antioksidan adalah senyawa melawan penyakit dan para ilmuwan yakin senyawa ini membantu mencegah dan memperbaiki kerusakan oksidasi yang terjadi selama aktivitas sel normal. Apel juga penuh serat disebut pektin-apel berukuran sedang mengandung sekitar 4 gram serat. Pektin digolongkan sebagai serat larut, difermentasi dan kental, kombinasi yang memberikan daftar besar manfaat dan khasiat buah apel kesehatan. Buah apel memiliki bentuk oval atau pir, dan kulit luar memiliki warna yang berbeda tergantung pada jenis kultivar. Secara internal, juicy pulp telah off-putih krem dalam warna dan memiliki mencampur rasa manis dan asam ringan. Bijinya tidak dimakan karena rasanya pahit.

Ratusan varietas apel baik dimakan sebagai buah meja atau sebagai buah pencuci mulut tumbuh di AS dan seluruh dunia. Beberapa apel dicari dalam memasak dan baking juga. Jika Anda sedang mencari alternatif yang sehat untuk makanan penutup berlemak atau manis, apel direbus membuat pilihan yang sangat baik. Mudah untuk mempersiapkan, apel direbus bekerja dengan baik sebagai sedikit pemanis topping atau sebagai pencuci mulut dengan sendirinya, untuk dimakan dengan sendok seperti buah kompot. Menurut Departemen Pertanian AS, orang dewasa rata-rata harus setengah mengisi piring setiap makan dengan buah-buahan dan sayuran. 

Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan

Berikut merupakan manfaat buah apel bagi kesehatan yang sangat penting bagi tubuh manusia :
  1. Buah apel yang lezat dan renyah adalah penting untuk daftar mengesankan dari phtyto-nutrisi, dan anti-oksidan. Studi menunjukkan bahwa komponen penting untuk pertumbuhan normal, perkembangan dan kesejahteraan secara keseluruhan.
  2. Apel rendah kalori, 100gr irisan buah segar hanya menyediakan 50 kalori. Bagaimanapun buah tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol. Meskipun demikian buah ini kaya serat yang akan membantu mencegah penyerapan kolesterol makanan-LDL atau buruk dalam usus. Serat juga menjaga usus selaput lendir dari paparan zat beracun dengan mengikat bahan kimia penyebab kanker di dalam usus besar.
  3. Apel kaya akan antioksidan nutrisi nabati flavonoid dan polifenol. Total diukur kekuatan anti-oksidan (nilai ORAC) 100 g buah apel 5900 TE. Beberapa flavonoid penting dalam apel quercetin, epikatekin, dan procyanidin B2. Selain itu, mereka juga baik dalam asam tartarat yang memberikan rasa asam pada mereka. Secara keseluruhan, senyawa ini membantu melindungi tubuh dari efek buruk dari radikal bebas.
  4. Buah apel mengandung jumlah vitamin C yang baik dan beta-karoten. Vitamin C merupakan antioksidan alami yang kuat. Konsumsi makanan yang kaya vitamin C membantu tubuh mengembangkan resistensi terhadap infeksi yang berbahaya dan radikal bebas pro-inflamasi dari tubuh.
  5. Selanjutnya buah apel merupakan sumber vitamin B-kompleks seperti riboflavin, thiamin, dan piridoksin (vitamin B-6). Bersama vitamin ini membantu sebagai co-faktor untuk enzim dalam metabolisme serta dalam berbagai fungsi sintetis dalam tubuh.
  6. Apple juga mengandung sejumlah kecil mineral seperti kalium, fosfor, dan kalsium. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh membantu mengendalikan detak jantung dan tekanan darah.


Ada beberapa khasiat lain dari buah apel antara lain :
  • melindungi tulang
  • Mencegah berbagai macam kanker, diantaranya kanker payudara, hati dan paru-paru
  • Mengontrol diabetes
  • Menurunkan resiko terserang Alzheimer pada otak
  • Mengembalikan tubuh yang lesu

Macam-macam Jenis Buah Apel

Beberapa jenis buah apel yang umumnya kita temui antara lain sebagai berikut :
  • Apel kuning ( Golden Delicious ), apael ini berasal dari negara Amerika, dan biasanya dikonsumsi untuk makanan pai dan dibuat saus apel.
  • Apel merah ( Red Delicious ) Berasal dari Amerika, kulit agak tebal, warna kulit merah hati bergaris-garis, daging buah lunak, berair, rasa manis sedikit asam. Enak dimakan dalam keadaan segar.
  • Apel Fuji ( Gala ) berasal dari Selandia Baru yang merupakan buah apel yang memiliki rasa paling segar dan paling manis diantara apel yang lain. ciri-ciri apel jenis ini adalah mempunyai warna kulit kuning dengan garis-garis vertikal berwarna merah jambu, berair, daging buah keras, manis, aroma lebih tajam.
  • Granny Smith, nama apel ini mungkin kurang familiar ditelinga orang Indonesia, karena buah ini yang berasal dari Australia dan memiliki rasa yang asam, warna hijau, berukuran sedangdan biasanya dibuat masakan.
  • Apel manalagi ( lokal ) mungkin kita paling sering menjumpai apel berwarna hijau. Rasa daging buahnya manis walaupun belum matang , aromanya kuat. Tekstur agak liat dan kandungan airnya kurang. Daging buah berwarna putih kekuningan. Bentuk buah agak bulat dengan ujung dan pangkal berlekuk dangkal.
  • Apel malang ( lokal )  adalah apel local dari daerah Batu, Malang dan rasanya segar, perpaduan antara rasa manis dan ada rasa asam, berwarna merah semburat hijau segardan tekstur daging keras
Comments
10 Comments

10 comments

  1. Semoga dapat bermanfaat bagi semua...

    ReplyDelete
  2. apel untuk penyakit stroke juga bagus

    ReplyDelete
  3. Wah ternyata buah apel banyak juga manfaatnya ya! Tapi sayangnya buah ini sekarang mahal sekali harganya perkilo hampir 40.000 di desa saya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. perlu ada subsidi dr pemerintah jg niy,,,

      Delete
  4. Wah mantap postingannya gan! Salam kenal ya!

    ReplyDelete
  5. Maasih postingannya sangat berguna!

    ReplyDelete