Berisi tentang informasi kesehatan, kesehatan alternatif, darah, jantung, kulit, mata, pencernaan, ginjal, manfaat buah, sayuran yang berguna bagi kehidupan masyarakat

Kandungan Dalam Buah Pisang dan Manfaatnya

Buah Pisang dan Kandungan di Dalamnya

Menurut ahli sejarah dann peneliti, buah pisang ini berasal dari Malaysia. Mereka kemudian dibawa ke India sekitar abad ke-6. Dengan 200 AD, ada perkebunan pisang didirikan di Cina selatan. Di sini mereka dianggap buah eksotis dan dikatakan bahwa ketika Alexander Agung mengunjungi India selama kampanye di 327 AD, ia menikmati pisang dan membawa mereka ke dunia barat. Buah ini datang dalam kuning, hijau varietas, dan merah dan telah terbukti memiliki sejumlah manfaat obat.

Al-Qur`an juga telah menyebut bahwa buah pisang sebagai salah satu buah-buahan surga, "Berada di antara pohon bidara yang tidak berduri, dan pohon-pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya), dan naungan yang terbentang luas, dan air yang tercurah, dan buah-buahan yang banyak, yang tidak berhenti (buahnya) dan tidak terlarang mengambilnya." (al-Waaqi'ah [56]: 28-33)
Seperti semua karunia ada lainnya, buah pisang yang bisa dinikmati oleh para penghuni surga tentu akan jauh lebih sempurna dari pisang yang dapat dibayangkan kini tersedia di dunia. Betapapun, pisang-pisang yang tersedia di surga tidak pernah jadi busuk dan akan memiliki rasa dan wangi yang tidak mungkin kita bayangkan sekarang. Namun, di dunia ini pun Allah sudah menciptakan sejenis buah yang sangat mirip dengan yang ada di surga dan telah menyediakannya untuk kita.


Pisang, merupakan buah yang sangat bergizi dan kandungan di dalamnya terdiri atas air (75%), protein (1.3%) dan lemak (0.6%). Tiap buah pisang juga mengandung karbohidrat dan potassium dalam jumlah cukup. Di samping menolong menyembuhkan banyak penyakit, pisang sangat dianjurkan untuk penyembuhan demam, gangguan sistem kerja pencernaan, kejang-kejang, dan terkilir. Tingginya jumlah potassium yang dikandungnya (0.24%) memfasilitasi pembuangan ampas dari tubuh.

Sebagai Sumber Kalium
Pisang merupakan sumber alami kalium. Kalium adalah penting bagi tubuh manusia karena membantu menjaga cairan tubuh dan keseimbangan elektrolit dalam sel-sel tubuh dan membantu dalam mengatur tekanan darah. Tingginya tingkat kalium dalam tubuh dapat mengurangi kemungkinan stroke. Kenyataan bahwa pisang yang tinggi kalium dan rendah garam membuat mereka ideal untuk orang-orang yang menderita masalah tekanan darah dan harus menonton asupan garam mereka.

Penelitian juga menyatakan bahwa kalium dapat membantu dalam meningkatkan kewaspadaan seseorang. Namun, perlu dicatat bahwa jumlah berlebihan kalium menyebabkan penurunan aktivitas otot jantung. Sebuah pisang ukuran sedang mengandung setidaknya 450 mg kalium

Vitamin dan Mineral Vital
Pisang ukuran besar memiliki jumlah tinggi vitamin A di dalamnya. Vitamin A penting untuk pengembangan jaringan khusus di mata. Hal ini juga penting bagi pertumbuhan kulit dan jaringan tulang lunak. Vitamin B juga hadir dalam bentuk Thiamine, Riboflavin, Niacin, dan asam folat. Ini membantu dalam menenangkan sistem saraf. Pisang juga memiliki sejumlah kecil vitamin C di dalamnya.

Elektrolit
Pisang memiliki juga elektrolit pada bagiannya. Elektrolit adalah elemen seperti magnesium, kalium, dan kalsium. Mereka adalah bagian penting untuk menjaga tingkat cairan tubuh dan mencegah dehidrasi. Jadi, pisang dapat membentuk bagian penting dari diet bagi orang yang menderita diare.

Zat besi
Pisang juga merupakan sumber alami zat besi. Zat besi ditemukan dalam pisang dapat membantu dalam penciptaan hemoglobin, sehingga buah pisang yang ideal untuk orang-orang yang menderita anemia.

Manfaat lain dari Buah Pisang

Buah pisang masih mempunyai manfaat lainnya juga selain yang tertera di atas, antara lain yaitu :
  • Pisang termasuk buah yang tinggi serat, yang membuat mereka obat ideal untuk sembelit dan alternatif untuk obat pencahar kimia.
  • Pisang mengandung asam amino yang disebut tryptophan. Tryptophan akan diubah oleh tubuh menjadi serotonin, yang merenggangkan orang dan membantu dalam meningkatkan mood seseorang.
  • Pisang dianggap menjadi solusi alami untuk mabuk. Sebuah milkshake pisang dicampur dengan madu akan membantu menenangkan perut dan membangun habis kadar gula darah pada waktu yang sama.
  • Pisang dapat bertindak sebagai antasid. Ini memberikan bantuan untuk orang yang menderita mulas.
  • Bagian dalam kulit pisang ketika digosok pada gigitan nyamuk yang ditemukan untuk mengurangi pembengkakan dan iritasi.
  • Pisang adalah diet yang ideal untuk orang-orang yang mencoba untuk berhenti merokok. Hal ini karena kombinasi Vitamin C, A1, B6, dan B12 yang membantu tubuh untuk sembuh dari efek penghentian nikotin.
  • Karena tingginya tingkat potasium di dalamnya, buah pisang dianggap sebagai camilan yang sangat baik ketika seseorang sangat stres atau bekerja lembur di kantor. Hal ini karena kalium membantu untuk menormalkan detak jantung mengirim oksigen ke otak. Tingkat metabolisme meningkat selama stres mengurangi kadar potasium. Pisang membantu untuk mengisi mereka.
  • Penelitian yang dilakukan oleh New England Journal of Medicine menyatakan bahwa asupan rutin pisang dalam diet Anda dapat membantu mengurangi kemungkinan stroke hingga 40 persen.
  • Pisang merupakan buah yang ideal untuk dimakan ketika seseorang menderita bisul. Hal ini disebabkan tekstur lembut buah yang membuatnya mudah dicerna, dikombinasikan dengan kemampuannya untuk menetralkan keasaman.
Buah pisang perlu diperlakukan dengan hati-hati karena mereka mudah memar. Cara ideal untuk menyimpan pisang adalah untuk menjaga mereka pada suhu kamar. Dalam rangka untuk mematangkan pisang, Anda dapat membungkus mereka dengan koran atau menyimpannya di kantong kertas cokelat. Jika Anda menyimpan pisang di lemari es itu akan berubah menjadi hitam, namun itu masih akan dimakan.
Comments
2 Comments

2 comments

  1. makasih infonya bro,. baru tau bahwa biah pisang yaitu salah satu buah surga :)

    ReplyDelete
  2. makasih informasinya mas.. buah pisang memang mantap,

    ReplyDelete